Antisipasi Penyebaran Covid-19, Hilman Harap Jemaah Terapkan Prokes Sebelum Berangkat

KLIKSAJA.CO – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief melepas 18 jemaah umrah. Pelepasan berlangsung di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jawa Barat.

Hilman Latief berharap jemaah umrah menerapkan prokes yang ketat sebelum kebarangkatan. Ia juga berpesan agar para jemaah dapat menjaga kedisiplinan saat berata di Tanah suci agar dapat mengurangi risiko terpapar.

“Kami berharap semua jemaah sehat. Penerapan seleksi yang ketat dalam hal kesehatan sebelum keberangkatan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19,” ungkap Hilman saat melepas Hilman jemaah Umrah di Asrama Haji Bekasi, Rabu (09/02/2022).

Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu juga mengimbau kepada jemaah umrah agar membatasi mengobrol dan berkumpul antar sesama jemaah.

“Saya tahu kita biasanya suka ngobrol suka berkumpul, tapi untuk sekarang mohon dibatasi ya, demi kelancaran dan keamanan kita semua,” tegas Hilman.

Lebih lanjut menurut Hilman saat ini Kementerian Agama sedang mengusahakan agar jemaah umrah tidak melalui karantina. Ia berpesan agar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dapat bekerjasama bebas karantina dapat berhasil setidaknya saat jemaah di Saudi.

“Kemenag berjuang untuk tidak ada karantina. Mohon kerjasama dari PPIU agar upaya bebas karantina dapat berhasil setidaknya di Saudi,” ucapnya. *)