Pendaftaran SNMPTN tahun 2022 Resmi Dibuka Hari Ini, Simak Tahapan Pendaftarannya

KLIKSAJA.CO – Pendaftaran SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2022 resmi dibuka hari ini, Senin 14 Februari 2022. Simak syarat, cara, dan kuotanya berikut ini.

Sesuai pengumuman di situs resmi LTMPT, pendaftaran SNMPTN dibuka ada Senin 14 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

Layaknya tahun lalu, prosedur pendaftaran SNMPTN 2022 dilaksanakan secara online. Untuk mendaftar, calon peserta langsung masuk ke portal LTMPT di link Portal.ltmpt.ac.id atau SNPMPTN 2022 di link berikut, https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Syarat pendaftaran SNMPTN 2022
Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN 2022. Hanya siswa yang sudah memenuhi syarat yang bisa daftar SNMPTN 2022. Berikut syarat pendaftaran SNMPTN Tahun 2022;

  1. Sudah memiliki akun di LTMPT
  2. Akunnya sudah permanen
  3. Termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah
  4. Memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.

Seperti dilansir dari laman resmi LTMPT, jalur SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan atau portofolio calon mahasiswa. Kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN paling sedikit sebesar 20 persen dari total daya tampung dan setiap sekolah akan mendapatkan jumlah kuota jalur SNMPTN yang berbeda, sesuai dengan akreditasi dari sekolah tersebut.

Informasi tambahan, berikut rinciannya, sekolah dengan akreditasi A akan mendapatkan kuota 40% terbaik di sekolahnya. Untuk sekolah akreditasi B, mendapat jatah kuota SNMPTN 2022 sebanyak 25% terbaik di sekolahnya. Sedangkan sekolah akreditasi C dan lainnya mendapat kuota 5% terbaik di sekolahnya.