4 Figur Maju Pilgub Jakarta Jalur Independen

Jelang penutupan pendaftaran calon kepala daerah melalui jalur independen minggu 12 mei 2024 pukul 23.59 WIB muncul 4 (empat) nama yang berminat maju sebagai Calon Gubernur Jakarta melalui Jalur Independen.

Hal ini terpantau dari data Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jakarta yang masuk pada Help Desk Pilkada Jakarta hingga hari minggu 12/05/2024 tercatat terdapat 4 (empat) nama kandidat yang secara resmi mengajukan permohonan akses Silon KPU untuk keperluan kelengkapan pendaftaran calon Gubernur Jakarta melalui jalur independen.

Berikut adalah empat tokoh yang maju melalui jalur independen Pilgub Jakarta 2024.

Sudirman Said

Sudirman Said adalah mantan Menteri ESDM era Jokowi. Sudirman Said pernah berkontestasi pada Pilkada Provinsi Jawa Tengah melawan Ganjar Pranowo.

Sudirman Said secara resmi telah mengajukan permohonan akses Silon kepada KPUD Jakarta untuk keperluan pendaftaran Pilkada Jakarta 2024 lewat jalur independen.

Sudirman Said bakal maju sebagai bacagub berpasangan dengan Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri.

Poempida Hidayatulloh

Poempida Hidayatulloh lahir pada 18 Maret 1972. Ia merupakan seorang pengusaha energi terbarukan dan investasi, dosen, akademisi, profesional, dan politisi. Ia menyelesaikan pendidikan S1-S3 di Inggris di University of Bristol dan memperoleh gelar PhD di kampus Imperial College Science, Technology and Medicine.

Poempida dikenal sebagai politisi Golkar, pernah menjadi anggota DPR RI Komisi IX Fraksi Partai Golkar periode 2009-2014.

Poempida juga pernah menjabat sebagai Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan periode 2016-2021.

Poempida Hidayatulloh mengusung tagline PHD for DKJ “Jakarta Needs a New Hero” dengan tampilan gambar ilustrasi layaknya Superman dengan tulisan di dada DKJ. Poempida juga telah didukung oleh barisan relawannya yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita) yang secara resmi telah mendeklarasikan nama Poempida untuk Cagub Jakarta.

Direktur Eksekutif Gema Cita Hariadin (Ary) menuturkan, Jakarta membutuhkan superhero baru. Superhero baru ini untuk mengatasi berbagai permasalahan yang sangat kompleks serta tantangan sebagai daerah khusus atau DKJ dengan kewenangan yang luar biasa, termasuk di dalamnya ketentuan aglomerasi.  

Menurut Ary, persoalan utama Jakarta seperti kemacetan, banjir, penataan pemukiman, dan kemiskinan membutuhkan figur atau tokoh super. Sosok pemimpin yang mampu menyelesaikan problem akut Jakarta yang sekaligus mampu menjadikan DKJ sebagai pusat ekonomi global, nasional, dan pusat peradaban. Ungakp Ari pada saat deklarasi dukungan kepada PHD for DKJ.

Dharma Pongrekun

Pria berpangkat Komisaris Jenderal (Purn) itu pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada tahun 2008.

Dharma memilih jalur independen karena tak ingin disetir partai politik atau elite politik nasional lainnya.

Sebab, seluruh visi dan misi yang sudah disusunnya dibuat demi kepentingan warga Jakarta.

“Saya ingin betul-betul visi dan minsi ini berjalan sebagaimana yang sudah disiapkan demi menyelamatkan jiwa keluarga kita, bukan demi saya,” ucapnya usai deklarasi di Gedung Joang ‘45, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/2/2024).

Noer Fajrieansyah

Noer Fajrieansyah, aktivis mantan Ketum PB HMI juga turut meramaikan bursa Pilgub Jakarta 2024 melalui jalur independen.

Rekan-rekannya sejak aktif di organisasi kemahasiswaan di HMI dan kepemudaan mendorong Komisaris PT Petrokimia Gresik (Persero) itu maju dalam Pilgub Jakarta 2024.

Koordinator Temen Bang Fajrie, Rachmat Ariyanto menyatakan dukungan tersebut diberikan dengan kesadaran penuh.